Perbedaan Kabel Listrik Tunggal VS Kabel Listrik Serabut

Baik itu kabel listrik tunggal maupun kabel listrik serabut, keduanya sama-sama sering digunakan untuk aplikasi sistem kelistrikan dan rangkaian kabel. Sama seperti namanya, kabel listrik tunggal terdiri dari satu inti saja, sementara kabel listrik serabut terdiri dari beberapa inti tembaga tipis yang dipilin menjadi satu. Setiap jenis kabel memiliki kelebihan masing-masing dan biasanya digunakan untuk keperluan yang berbeda, tergantung pada lokasi pemasangan, beban yang akan digunakan, cara pemasangan, dan faktor-faktor lainnya.

Mempelajari lebih jauh tentang kedua jenis kabel listrik ini dapat membantu menentukan pilihan kabel listrik yang sesuai untuk kebutuhan anda. Perbedaan utama antara kabel listrik tunggal dan kabel listrik serabut:

Kabel Listrik Tunggal

Kabel listrik tunggal adalah kabel listrik yang terdiri dari inti logam atau kawat tunggal dengan bentuk yang padat (solid) sebagai media trasnmisi energi listrik. Kabel listrik jenis ini sangat ideal untuk penggunaan luar ruang dimana durabilitas yang lebih tinggi sangat diperlukan. Karena memiliki bentuk yang kokoh dan berat, kabel listrik tunggal tahan terhadap segala macam cuaca dan kondisi lingkungan yang ekstrem, sehingga seringkali digunakan sebagai media yang dapat diaplikasiakan di ruang terbuka.

Kabel Listrik Serabut

Kabel listrik serabut, atau sering disebut sebagai stranded wire, merupakan kabel  listrik dengan banyak inti tembaga tipis yang dipilin dan diisolasi dengan lapisan non-konduktif. Kabel listrik serabut lebih fleksibel dari pada kabel listrik tunggal, sehingga sangat ideal digunakan untuk menyambungkan komponen elektronik serta peralatan-peralatan yang dapat dipindahkan, serta memudahkan dalam instalasi yang mengharuskan adanya proses tekuk dan putar kabel. Karena fleksibilitasnya yang tinggi inilah, kabel listrik serabut lebih sering digunakan untuk kebutuhan dalam ruangan seperti kabel perangkat elektronik, papan sirkuit, dan kabel speaker.

Apa Perbedaan Kedua Kabel Listrik Tersebut?

1. Kapasitas Arus

Kabel listrik tunggal memiliki inti tembaga yang tebal, yang artinya dapat mengalirkan lebih banyak arus listrik. Sementara kabel listrik serabut terdiri dari beberapa inti kabel berukuran tipis dengan banyak celah udara, sehingga arus listrik yang dialirkan pun jauh lebih sedikit. Saat Anda harus memilih di antara kedua jenis kabel listrik ini, ingatlah bahwa kabel listrik tunggal dapat menawarkan kapasitas arus yang lebih tinggi.

2. Fleksibilitas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena kabel listrik serabut terdiri dari beberapa inti tembaga yang tipis, ini menawarkan fleksibilitas dan kelenturan yang lebih unggul, sehingga memudahkan Anda untuk memasangnya di area yang membutuhkan proses tekuk dan putar pada kabel. Di lain sisi, kabel listrik tunggal memiliki inti tembaga yang tebal, keras, dan kaku, sehingga sulit untuk di tekuk dan diputar.

3. Harga

Biaya produksi kabel listrik tunggal jauh lebih rendah dibandingkan kabel inti serabut, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang lebih terjangkau.

4. Proses Pembuatan

Selain biaya produksi yang lebih rendah, kabel listrik tunggal juga memiliki proses pembuatan yang lebih mudah. Sementara kabel listrik serabut membutuhkan proses manufaktur yang lebih kompleks, karena seluruh inti kabelnya harus dipilin menjadi satu.

5. Jarak

Untuk transmisi listrik jarak jauh, kabel listrik tunggal merupakan pilihan yang lebih baik karena mereka mampu mengirimkan arus dalam skala yang lebih tinggi. Sedangkan kabel listrik serabut sebaiknya hanya digunakan untuk transmisi listrik jarak dekat saja.

Ada banyak faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan, mulai lokasi pemasangan, biaya, lingkungan, aplikasi, hingga durabilitasnya. Pastikan Anda hanya menggunakan jenis kabel listrik yang paling efektif dan efisien sesuai kebutuhan Anda. Percayakan urusan kabel listrik Anda kepada PT. Multi Kencana Niagatama (Multi Kabel) selaku produsen penghasil kabel listrik terlengkap telah membuat berbagai jenis kabel listrik sesuai kebutuhan, seperti Low Voltage Cables, Medium Voltage Cables, Fire Resistant Cables, Metal Corrugated Armoured Cables, Instrument Cables, Airfield Lighting Cables, Marine Cables dan High Voltage Cables. Dengan akreditasi ISO 9001:2001, Multi Kabel senantiasa terus berkomitmen untuk mengutamakan kualitas produk dan pelayanan terhadap mitra dan konsumen kami.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *